Akuaporin

2013/4/23 Elsy:
Saya mau menanyakan tentang akuaporin. Bagaimana pengaplikasian fungsi adanya akuaporin dalam sel bahwa setelah penemuan akuaporin tersebut ternyata mempunyai fungsi yang sangat penting untuk diketahui?
atau penerapan akuaporin pada hal yang lain spt apa ya pak?
apa keuntungan dari ada tidaknya akuaporin pada sel?
AFM:
Air adalah salah satu material yang bisa bebas keluar masuk melintasi membran sel. Pergerakan air melintasi sel ini dipengaruhi oleh tekanan osmotik. Artinya, air akan berpindah dari lokasi yang bertekanan osmotik rendah ke tinggi.
Fakta dari komposisi membran memberikan pembenaran terhadap fenomena diatas. Molekul air ternyata bisa melintasi membran akibat adanya kolesterol di sela-sela fosfolipid penyusun membran.
Ternyata, dari sisi logika kedaulatan sel maka fakta diatas menjadi kurang masuk akal. Jadi diperlukan adanya tambahan data yang lain. Para peneliti kemudian menemukan adanya kemampuan sel untuk mengatur tekanan osmotik lingkungan internalnya. Hal ini menyebabkan arah pergerakan air melintasi membran bisa diatur. Kalau lingkungan internal sel hipertonis dibanding lingkungan eksternal maka air akan mengalir ke dalam sel, dan sebaliknya.
Pengaturan tekanan osmotik ini sama artinya dengan sel mensintesis sesuatu di dalam sel, misalnya protein. Ternyata, sintesis protein itu bukanlah ditujukan untuk meningkatkan tekanan osmotik sel, melainkan untuk berbagai fungsi kehidupan sel. Jadi semacam ada kontradiksi data dan interpretasi.
[Wong sel mau buat protein agar bisa bermetabolisme koq diinterpretasikan sebagai untuk menaikkan tekanan osmotiknya agar air masuk ke dalam. Yang benar adalah adanya protein tsb mempunyai efek samping memasukkan air ke dalam sel…ya toh?]
Beberapa lama kemudian, para peneliti memperoleh gambar sel yang benjol di satu sisi akibat adanya air masuk. Benjolnya ada di sisi masuknya air (pada sisi konsentrasi air tinggi). Setelah membran pada sisi sel yang benjol itu dipelajari lebih ditil, kemudian ditemukan adanya saluran air yang khusus (yang umum adalah lewat sela-sela kolesterol). Saluran air (kanal air) itu adalah suatu protein integral membran yang kemudian diberi nama aquaporin.
Akibatnya, interpretasi dan data kemudian menjadi sinkron. Bahwa sel berdaulat adalah benar. Dia sengaja mau memasukkan air dan atau mau mengeluarkan air karena kebutuhannya. Untuk itu, pengaturannya via aquaporin yang bisa dikontrol secara spesifik. Pengontrolan secara spesifik ini melibatkan sistem sinyal sel.

No Comment

No comments yet

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.