Lama Studi Di Program Studi Biologi FMIPA IPB

Berdasarkan desain kurikulum Program Studi Biologi Fakultas MIPA Institut Pertanian Bogor, program Sarjana Biologi dengan beban 144 SKS bisa diselesaikan paling cepat 7 Semester lebih 1 bulan. Kelebihan 1 bulan adalah untuk seminar dan ujian akhir atau ujian skripsi. Jika lebih cepat dari 3.5 tahun maka akan banyak menabrak peraturan akademik yang sudah disepakati. Dalam semester 1 dan 2, semua mahasiswa di IPB mengambil mata kuliah dasar yang disebut dengan Tingkat Persiapan Bersama. Perkuliahan PS Biologi ada di semester 3 sampai 7. Dalam kondisi normal, semester 8 adalah waktu untuk menyelesaikan tugas akhir, yaitu belajar melakukan penelitian, menuliskannya dalam bentuk skripsi dan ujian akhir. Ujian akhir ini adalah dalam rangka mempertahankan beragam logika dan teori yang ditulis mahasiswa dalam skripsi. Dalam beberapa kondisi khusus maka pelaksanaan penelitian bisa dilakukan di pertengahan semester 7. Kondisi khusus yang dimaksud adalah kombinasi antara kemauan mahasiswa, ketersediaan topik penelitian dan sifat dasar penelitian (yaitu apakah penelitian di lapang, penelitian di laboratorioum atau konbinasi keduanya).

Tabel_lamastudi

Dalam 5 tahun terakhir, lama studi di PS Biologi IPB terus mengalami penurunan. Lama studi mahasiswa angkatan 42 (masuk tahun 2005) adalah 57.6 bulan dan lama studi mahasiswa angkatan 45 (masuk tahun 2008) adalah 53.12 bulan. Tahun 2013, angkatan mahasiswa yang lulus adalah dari angkatan 46. Pada angkatan ini tercipta rekor lama studi yang paling cepat, yaitu 43 bulan atau 3 tahun 7 bulan. Lama studi 43 bulan itu bisa dicapai pada bulan pertama di semester 8.

Data sampai bulan Desember 2013, dari 96 mahasiswa angkatan 46 (tahun masuk 2009) yang sudah menyelesaikan studinya telah mencapai 51 mahasiswa atau 53%. Yang menarik dari alumni baru tsb, 5 mahasiswa langsung melanjutkan kuliah S2 melalui program fastrack dan 16 mahasiswa sudah diterima bekerja (waktu tunggu

No Comment

Comments are closed.