Nilai lain mentraktir makan

Tubuh manusia dan sebagian besar hewan vertebrata tingkat tinggi tidak  bisa membuat beberapa jenis asam amino yang dikenal sebagai asam amino esensial. Dari 20 jenis asam amino (aa) yang dikenal denngan baik, tubuh manusia ternyata tidak bisa membuat 9 jenis aa. Ke-9 jenis aa ini wajib datang dari luar tubuh sebagai makanan. Karena itu,  manusia harus makan makanan yang sangat beragam untuk memperoleh ke-9 jenis aa  secara lengkap. Disarankan agar kita tidak terlalu fanatik hanya ke satu jenis makanan saja. Dalam jaring-jaring makanan, asam amino berlalu-lalang dari si pembuat awalnya, bisa dari bakteri, jamur, tumbuhan maupun dari beragam jenis hewan.

Asam amino yang masuk ke tubuh kemudian dijadikan prekursor untuk membuat asam amino yang lain dan kemudian disusun ulang menjadi suatu protein. Dalam  hal ini, setiap asam amino dibawa oleh tRNA tertentu untuk saling  digabung-gabung berdasarkan urutan penyandian yang yang ada di mRNA. Dan  mRNA disalin dari DNA. Jadi, komposisi protein dalam tubuh manusia diatur  oleh DNA (gen). Dengan kata lain, tubuh kita berdaulat penuh atas  komposisi protein penyusun tubuh. Tidak boleh ada satupun protein yang  datang dari luar tanpa melalui hidrolisis terlebih dahulu dalam sistem pencernaan dan/atau melalui  pemeriksaan yang intens oleh sistem kekebalan tubuh.

Lalu apa yang akan terjadi jika seseorang kekurangan satu atau dua  asam amino esensial karena tidak mampu membeli makanan yang bergizi  atau karena ketidaktahuannya tentang gizi? Yang akan terjadi adalah  komposisi protein tubuhnya akan mengalami perubahan yang salah  satunya disebut dengan gejala malnutrisi. Dampak dari malnutrisi ini  sangat luar biasa beragam. Beberapa yang sering terlihat antara lain  wajah kuyu, kulit kering, rambut rontok, kecerdasan mentok, kurang  kreatif, gampang marah, dll. Ternyata dampak tsb sering kita temukan  pada tubuh orang miskin. 

Dari uraian singkat diatas, maka terbuka kesempatan bagi kita-kita untuk menyajikan  makanan (atau mentraktir makan) dengan jenis makanan yang bukan makanan sehari-hari dari yang disajikan makan. Terbuka juga kesempatan untuk membawa oleh-oleh makanan dari  kampung halaman dengan material lokal yag khas, terutama material dari  hewan-hewan laut.

Jadi, nilai nilai penting dari memberi (lebih tepatnya, menyajikan) makanan ke orang lain, teman, tetangga, atau siapapun dia, bisa diartikan sebagai memberi kesempatan bagi mereka untuk memperlengkap kebutuhan asam amino esensialnya.

======

[note. aa amino esensial bagi tubuh manusia: H Histidine, I Isoleucine, L Leucine, K Lysine, M Methionine, F Phenylalanine, T Threonine, W Tryptophan, V Valine; semi esensial: Cystein bisa dibuat dari Methhionine dan Tyrosine bisa dibuat dari Phenilalanine]

Semoga bermanfaat

No Comment

Comments are closed.