Telur ayam jantan

T———–mohon dijelaskan tentang proses pembentukan telur pada ayam jantan.

=====
Ketika muncul oogami yang kemudian diikuti diferensiasi seks, maka yang menghasilkan telur adalah hewan betina dan yang menghasilkan sperma adalah hewan jantan.

Kalau seseorang menemukan telur di kandang ayam jantan, maka kemungkinan terbesarnya telur itu dihasilkan oleh ayam betina yang entah kenapa ditemukan di kandang jantan. Dalam hal ini, bentuk dan ukuran telur normal.
Kemungkinan kedua adalah adanya sex reversal atau perubahan kelamin dengan derajat perubahan yang sangat beragam. Perubahan kelamin yang sudah dilaporkan adalah didahului oleh infeksi. Infeksi tsb mempengaruhi keseimbangan hormonal saluran reproduksi ayam jantan. Telur yang dihasilkan biasanya jauh lebih kecil dari ukuran telur normal.
Kemungkinan berikutnya: pada awal pubertas ayam kampung seringkali menghasilkan 1 butir telur berukuran kecil. Awal pubertas ditandai dengan adanya transisi hormonal yang memungkinkan terjadinya pembentukan “telur” (telur dalam pengertian awam, yaitu berbentuk telur ayam tetapi bukan ovum). Dalam hal ini, deposisi material cangkang telur terjadi di saluran reproduksi. Sedangkan ovum dihasilkan oleh ovarium. Artinya telur yang dihadilkan ayam jantan bukan telur biologis, cuma bentuknya saja telur.
Selain itu, transisi hormonal bisa saja tidak berkaitan dengan pubertas, tetapi karena faktor lingkungan. Transisi hormonal ini banyak ditemukan pada ayam kampung yang berasal dari Indonesia.

AFM
2013 Feb 15

No Comment

No comments yet

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.